Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) merupakan salah satu lembaga yang ada di STIKes Muhammadiyah Kuningan (STIKMK) yang dipimpin oleh kepala LPPM bersama empat koordinator bidang, yaitu bidang penelitian, bidang pengabdian kepada masyarakat, bidang jurnal publikasi dan HKI serta bidang inovasi dan kerja sama yang bertugas dalam mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

LPPM STIKMK memiliki program hibah internal bagi dosen dan mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat guna membantu dosen dalam melaksanakan Tridhrama Perguruan Tinggi. Hal tersebut mengacu pada Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sitem Pendidikan Nasional pasal 20 bahwasannya perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sejalan dengan kewajiban tersebut, Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 45 menegaskan bahwa penelitian di perguruan tinggi diarahkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa. Dalam pasal tersebut juga ditegaskan bahwa pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan sivitas akademika dalam mengamalkan dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

LPPM STIKMK memiliki jurnal pribadi yang dapat dimanfaatkan bagi dosen dan mahasiswa untuk dapat mempublikasikan artikelnya. Selain itu, LPPM STIKMK juga memberikan pelayanan terkait pengajuan HKI. Oleh karena itu LPPM memiliki kewajiban dalam membangun citra kampus melalui hasil-hasil kegiatan penelitian, kajian dan pengabdian kepada masyarakat.

Inovasi tidak hanya mengenai pengembangan produk riset dan penciptaan kreativitas saja, namun produk inovasi merupakan suatu produk atau proses yang memiliki unsur kebaharuan dan dapat memberikan manfaat bagi kepentingan masyarakat sehingga mampu mendorong atau menjadi penggerak perekonomian. Dalam perkembangannya, produk inovasi tidak hanya berhenti pada tahap prototipe saja, namun dituntut pula untuk mampu bersaing dan punya nilai secara komersial. Oleh karena itu LPPM STIKMK memiliki bidang Inovasi yang dapat mendorong dosen maupun mahasiswa untuk mengembangkan hasil penelitiannya sehingga mampu menghasilkan suatu inovasi.